Tentang Integritas – Sebuah catatan diri

Sudah lama banget, saya tidak menulis di blog, walaupun setiap hari banyak banget yang ingin saya ceritakan, terutama selama perjalanan pergi dan pulang dari kantor saya yang cukup menyita waktu saya. Dan lagi lagi ketika sampai kantor atau sampai rumah, keinginan untuk membuka blog dan mengetikkan sesuatu di sana, seperti hilang tanpa bekas haahaaaahahaahaha

Kali ini saya ingin bercerita tentang integritas. Kata kata yang sempat jadi tren di kampus saya,  uhm tepatnya di kalangan alumni kampus saya setahun lalu, sehingga kemudian dikepala saya, kata “Integritas” ini,  juga menjadi sesuatu yang menjadi pertanyaan. Bukan pertanyaan mengenai apakah seseorang berintegritas atau tidak sih, atau sesuatu kejadian berintegritas atau tidak, tapi pertanyaan apakah sebenarnya arti “integritas” itu. Kaliamat mudahnya, apa sih yang disebut berintegritas. Dan seperti biasa, kemalesan saya, menghalangi saya untuk bertanya pada Mr. Google, dan harga diri saya menghalangi saya untuk bertanya kepada orang lain, maklum takut banget saya dianggap bodoh. Haaahahahahahhaa

Tapi Tuhan memang sayang banget sama saya, sehingga sebelum kebodohan saya mulai membunuh saya, akhirnya saya menemukan petunjuk, tentang apa yang dimaksud dengan “integritas” tersebut. Penjelasan mudahnya begini:”seseorang dikatakan berintegritas ketika kepercayaan nya/pandangannya/ believe nya terhadap sesuatu , sama dengan perilakunya sehari hari.”

Contohnya kalau seseorang yang berpandangan bahwa dia setuju bahwa seseorang harus berkata jujur, tapi kemudian dia sering banget berbohong, maka orang itu disebut tidak berintegritas.

Pada waktu contoh tersebut dikatakan oleh orang yang memberikan saya penjelasan, saya mulai mencari cari hal hal lain, yang saya percayai tapi tidak sesuai dengan tingkah laku saya. Hahaahahahaaa Terkejut sekali saya, ternyata ada beberapa yang memang tidak sesuai. Dan kemudian saya mulai berpikir, kalau begitu …. apa hak saya untuk mengatakan politikus A tidak berintegritas atau teman saya si B – tidak punya integritas.

Saya ternyata masih terjebak dalam permainan “semut di seberang lautan tampak, tapi gajah di pelupuk mata tidak kelihatan”. Lebih mudah melihat kesalahan orang lain dari pada melihat kesalahan saya sendiri. Bahkan dengan angkuhnya memberikan “label – label” yang berkonotasi tidak baik kepada orang-orang tersebut. Bahkan apabila, akibat perbuatan  seseorang yang tidak berintegritas tersebut, menimbulkan dampak yang tidak baik kepada saya, dan kemudian orang tersebut meminta maaf kepada saya, saya tidak mau menerimanya, bahkan kemudian tidak jarang saya malah mengingat – ngingat kejadian tersebut dan mengungkit – ungkitnya di depan orang tersebut dan/atau didepan orang lain.

Seperti kata – kata orang bijak, “setiap masalah, pasti ada hikmahnya, pasti ada pembelajarannya”, atau kalau di kantor saya sering sekali disebut “leason learn” nya. Sehingga setiap ada seseorang yang perilakunya tidak berintegritas menurut pendapat umum, dan kemudian dikutuk oleh seluruh dunia karenanya (haaahahhaha … yup I am still kind of “lebay” woman hahhahahhhaa), itu adalah tanda yang diberikan alam, agar saya mulai mengkoreksi diri saya saya. Mulai mengevaluasi apa yang saya lakukan, apakah ada perbuatan saya yang juga tidak berintegritas, sehingga saya bisa menjadi mahluk Tuhan yang lebih baik (selain menjadi mahluk Tuhan yang paling seksi hahahahhahaahaaaaa ).

PS: tindakan tidak berintegritas yang masih banyak saya lakukan adalah: menyesal tapi tidak melakukan apapun untuk merubahnya, malah tidak jarang tindakan saya masih sama sebelum meminta maaf. Atau bilang tidak padahal iya. Seperti mengatakan saya tidak cinta padahal cinta banget hahaahhahhhahaaa. Nah, menyangkal isi hati ini yang memang yang akan saya latih, agar selaras pikiran dan hati saya, sehingga saya bisa termasuk orang – orang yang berintegritas. Ingatkan saya yah, kalau saya melakukan hal ini 🙂

Salam

About kharinadhewayani

I am just an ordinary woman who wants to share her mind and her dreams to the world.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s